Kamis, 22 Maret 2012

Pahlawan Soepomo

Diposting oleh Memberikan Informasi di 04.25
  salah satu tokoh penggagas dasar negara Indonesia adalah Soepomo. Ia dilahirkan di Sukoharjo pada tanggal 22 Januari 1903. Soepomo berasal dari keluarga bangsawan dari pihak ayah adalah Raden Tumenggung Wirjodiprodjo, bupati Nayaka Sragen.
       Karena berasal dari keluarga yang priyayi, Soepomo berkesempatan meneruskan pendidikannya ke ELS (Europeesche Lagere School ) di Boyolali (1917), MULO (Meer Uitgebreit Lagere Onderwijs) di Solo (1920), dan menyelesaikan pendidikan tingginya di Batasviasche Rechtshoogeschool di Batavia pada tahun 1923. Ia kemudian ditunjuk sebagai pegawai negeri Pemerintah Kolonial Hindia Belanda yang diperbantukan pada ketua pengadilan tinggi Sragen.
       Antara tahun 1924 dan 1927 Soepomo melanjutkan pendidikannya ke Rijskuniversiteit leiden di Belanda. Di sini, Ia belajar dibawah bimbingan Cornelis van Vollenhoven, profesor hukum yang dikenal sebagai penggagas ilmu hukum adat Indonesia.
       Soepomo meninggal di Jakarta pada 12 September 1958. Ia meninggal karena serangan jantung. Ia dimakamkan di Solo. Ia telah mengabdikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Atas jasa-jasanya kepada bangsa dan negara, pemerintah menganugerahinya gelar pahlawan nasional Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Memberikan Informasi Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei